Friday, 6 January 2017

Alasan Mengapa Negara Maju Banyak Di Belahan Bumi Utara

Negara Maju

BertiSeo - Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang tentunya merata.Negara maju mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  • Sebagian besar pendapatan negara di dapat dari industri
  • Pendapatan perkapita tinggi
  • Angka kematian kecil
  • Tingkat pendidikan tinggi
  • Iptek telah di kuasai
  • Keadaan perekonomian lebih baik
  • Sebagian penduduk tinggal di kota
  • Fasilitas di segala bidang terpenuhi
  • Timbulnya krisis lingkungan segera diatasi
  • Ekspornya lebih tinggi daripada impor
Kebanyakan negara dengan "GDP" per kapita tinggi dianggap negara maju.

Berikut Alasan Mengapa Negara Maju Banyak Di Bumi Utara.

1.Terletak jauh dari khatulistiwa. 

Berkaitan dengan sebelumnya,negara yang terletak dekat dengan khatulistiwa secara otomatis akan memiliki iklim tropis, dimana negara dengan iklim tropis memiliki sumber daya alam yang melimpah,seperti halnya di indonesia. Hujan dengan intensitas yang cukup membuat tanah subur dan tanaman dapat tumbuh dengan maksimal. Sebagian besar spesies hewan dan tumbuhan terdapat pada hutan hujan tropis ini. Hal ini membuat penduduk negara berkembang menggantungkan hidupnya pada alam yang subur,contohnya membuat rumah tinggal menebang pohon dan tidak capek-capek untuk mengimpor barang, sehingga mereka terkesan malas-malasan ,benar bukan?

2.Negara-negara maju di bumi utara merdeka lebih dahulu.

Negara-negara yang sudah meredeka terlebih dalulu mereka akan menjajah negara di belahan bumi selatan yang dekat dengan khatulistiwa karena memiliki sumber daya alam yang melimpah,Alasannya karena, mereka tidak memiliki sumber daya alam yang memadai sehingga menuntut mereka untuk mencari lokasi dimana terdapat sumber daya alam yang berlimpah.
Dengan demikian negara penjajah akan menjadi makmur dan negara yang dijajah akan menderita seperti contohnya indonesia pada jaman penjajahan.
Setelah negara yang dijajah merdeka, mereka harus memulai dari awal, dan berusaha mengejar keteringgalan dari negara maju.

Berikut ini adalah Negara maju yang tak mempunyai sumber daya alam serta alasannya:
  • Belgia
    Negara yang dihimpit oleh negara-negara berkekuatan ekonomi tinggi seperti Jerman, Prancis, dan Inggris, yang tidak memberikan banyak kesempatan kepada Belgia untuk membangun basis manufaktur yang kuat. Belgia juga merupakan negara dengan minim kekayaan alam, dan harus mengimpor bahan baku mentah atau setengah jadi, yang kemudian diolah untuk ekspor.
    Satu-satunya sumber daya alam yang dimiliki Belgia adalah batu bara. Untuk bahan-bahan baku mentah, Belgia sangat bergantung pada impor dari negara lain. Meski begitu, Belgia berhasil menjadi salah satu negara maju dalam hal ekonom
  • Italia
    Italia tercatat mengimpor 99,7 persen bahan bakar padat, 92,5 persen minyak, dan 91,2 persen gas alam. Sumber daya alam Italia memang bisa dibilang sangat terbatas, sehingga kebutuhan bahan-bahan baku harus mengandalkan impor.
    Tapi Italia termasuk negara maju, dengan tingkat perekonomian yang besar, bahkan terkemuka di dunia. Negara ini mengekspor produk-produk teknik, tekstil, pakaian, mesin, otomotif, peralatan transportasi, bahan kimia, logam halus, sampai barang-barang mewah.
  • Jepang
    Jepang memiliki banyak pegunungan serta gunung-gunung api yang masih aktif. Jepang juga cukup rentan dilanda bencana, seperti gempa bumi.tsunami,gunung meletus dan lainnya. Dari sisi alam, bisa dibilang Jepang adalah negeri yang kurang beruntung. Negara ini memang memiliki sumber daya alam, tapi jumlahnya sangat terbatas, dan tidak memadai untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara dan jumlah penduduk yang cukup besar. Karenanya, untuk kebutuhan bahan baku, Jepang sangat bergantung pada impor luar negeri.
  • Korea Selatan
    Rivalnya Korea Utara memang memiliki kandungan alam yang kaya berupa mineral. Namun, Korea Selatan tidak memiliki keberuntungan yang sama. Sumber daya alam di Korea Selatan bisa dibilang sangat terbatas. Karenanya, sebagaimana Jepang, Korea Selatan juga sangat bergantung pada bahan-bahan yang diimpor dari luar negeri untuk menopang industri dalam negeri dan kebutuhan penduduk yang besar.
  • Singapura
    Dalam hal kekayaan alam, bisa dibilang Singapura tidak ada apa-apanya dibandingkan Indonesia. Dalam hal luas wilayah, Singapura hanya setara dengan salah satu kota besar di Indonesia.
    Singapura tidak memiliki kekayaan alam yang bisa diandalkan. Bahkan negeri itu pernah sampai mengimpor air dari Malaysia, untuk memenuhi kebutuhan penduduk di sana. Tetapi, meski begitu, Singapura menjadi negara maju dengan perekonomian yang makmur.
    Singapura mengekspor makanan dan minuman, obat-obatan, bahan kimia, dan minyak halus
  • Swiss
    Mirip dengan Belgia, Swiss dikelilingi oleh negara-negara industri utama seperti Jerman, Prancis, dan Italia. Yang menjadi masalah, juga mirip Belgia, Swiss tidak memiliki sumber daya alam yang bisa diandalkan, sehingga sangat bergantung pada hasil impor.
    Karena kesadaran itu pula, Swiss pun memusatkan perhatian usahanya pada industri pertanian, selain juga hebat dalam memproduksi jam tangan mewah. Di antara merek terkenal produksi mereka adalah Rolex dan Swatch
  • Taiwan
    Jepang telah menjajah Taiwan selama 50 tahun, dan selama setengah abad itu "Jepang bisa dibilang menguras habis sumber daya alam yang ada di Taiwan". Ketika Perang Dunia II berakhir, Taiwan menghadapi krisis dalam hal sumber daya alam, sehingga mereka terpaksa mengimpor bahan baku dari luar negeri..Meski begitu, Taiwan mampu mengolah keterbatasannya hingga menjadi negara maju dengan industri yang membumbung pesat, khususnya dalam bidang semikonduktor. Pada 2010, Taiwan bahkan sukses menjadi produsen semikonduktor nomor satu di dunia, menggeser Jepang yang semula menduduki peringkat atas dalam bidang tersebut. 
Nah itulah beberapa Alasan Mengapa Negara Maju Banyak Di Bumi Utara.Sekian semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Sumber inspirasi : kaskus.co.id

2 comments:

  1. apakah indonesia berpotensi menjadi seperti negara negara diabagian utara tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan,pastinya dibutuhkan peran dari pemerintah dan masyarakat untuk membangun negara yang lebih baik.

      Delete