Monday, 23 January 2017

Indonesia Raih Rekor Dunia Penanaman Pohon Serentak

Indonesia

BertiSeo - Indonesia yang di juluki sebagai paru-paru dunia kini kembali mendapat pengakuan internasional terhadap upaya menjaga kelestarian lingkungan. Apresiasi diperoleh dari Guinness World Record (GWR) atas partisipasi dalam pemecahan rekor dunia penanaman pohon secara serentak.

Sebelum baca sebaiknya tonton video berikut ini:

Sebanyak 232.647 batang pohon jati dan kaliandra berhasil ditanam oleh 6.500 petani (masyarakat dan Koperasi Produsen Anugrah Bumi Hijau/KOPRABUH), dalam kurun waktu yang singkat yaitu 60 menit di Tuban, Jawa Tengah (28/11/2016). Jumlah ini mengalahkan rekor sebelumnya yaitu sebanyak 223.000 batang oleh Negara Filipina.


Sambutan resmi penyerahan Sertifikat Penghargaan Guinness World Record, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak yang mendukung penanaman tersebut.

Indonesia memberikan refleksi kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai komitmen kuat dalam pengendalian perubahan iklim. Capaian rekor dunia ini, katanya, sebagai bukti langkah-langkah nyata dalam pengendalian perubahan iklim global dan mengatasi kerusakan lingkungan.

Presiden RI ikut serta dalam proses penanaman pohon
“Sebagaimana arahan Bapak Presiden dalam konsultasi dan rapat kabinet terbatas, upaya penghijauan, penanaman pohon harus jelas apa yang akan diperoleh rakyat. Memanam pohon harus juga memberikan sesuatu kepada rakyat. Tidak semata-mata menjaga liungkungan juga mendapatkan kesejahteraan.”.Dan presiden tercinta kita juga memberikan sebuah kutipan 
"Sebenarnya saat kita menanam pohon, kita itu sedang menanam doa, menanam harapan, dan menanam kerja kita semuanya untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang,"
"Jangan sampai kita sering berbicara menanam satu milyar pohon, menanam satu juta pohon. Sudah tidak usah bicara yang tinggi seperti itu. Ini kalau 238 ribu dipelihara bisa hidup semua, ya sudah, itulah yang kita inginkan. Tidak usah sampai juta-jutaan, milyar-milyaran, tapi yang hidup hanya dua,"

Nah kita sebagai warna negara indonesia wajib menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar dan selalu sehat untuk hidup yang lebih baik,sekian semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment