Sunday, 19 February 2017

5 Cara Menghadapi Stress Saat Ingin Menghadapi Ujian

Ilustrasi

BertiSeo - Setiap sekolah di indonesia pasti mengadakan ujian mulai dari ujian harian sampai ujian nasional ,untuk anak SMA dan SMK yang mungkin beberapa bulan kedepan dikebut oleh Ujian-Ujian dan Ujian.Contohnya seperti UKK,TryOut,UNBK,UN.
Bagi setiap kalangan ujian merukapakan momok menakutkan ,berbagai macam hal yang di takuti mulai nilai kecil,tidak bisa menjawab dan lain-lain.Berikut 5 Tips Menghadapi Ujian.

1.Pastikan Kamu Siap 100%

Rasa takut bersumber dari rasa nggak percaya diri, dan rasa nggak percaya diri timbul kalau kamu belum 100% siap ujian.Intinya, kamu harus belajar yang baik!.Yang penting, jangan belajar dadakan sampai begadang pada malam sebelum ujian, apalagi di pagi hari H. Melakukan hal tersebut nggak hanya meningkatkan perasaan tegang kamu, tapi juga nggak efektif.

Cicil belajar selama beberapa minggu sebelum hari H. Menurut penelitian Mayo Clinic, saat ujian kamu akan merasa lebih rileks, kalau kamu belajar secara sistematis dan rutin.

Renungi cara belajar kamu selama ini. Sudah efektif belum, sih? Sesuaikan lagi dengan kepribadian dan kemampuan kamu. Jangan maksa belajar di kafe bareng teman, kalau sebenarnya kamu nggak bisa belajar di tengah kebisingan. Atau sebaliknya, jangan belajar sendirian melulu, kalau sebenarnya kamu lebih cocok kerja kelompok.

2.Jaga kesehatan

Jaga Kesehatan
Hal paling penting dalam menjaga kesehatan sebelum ujian adalah tidur yang cukup secara teratur. Tidur sangat berhubungan dengan performa akademik juga! Selain itu, jangan lupa rutin makan makanan sehat dan pastikan makan anda tepat waktu.Sebaliknya, kurang tidur dan kurang gizi baik bisa mengacaukan hormon dan mood kamu sebelum ujian.

Selalu sarapan sebelum ujian, dan kalau boleh, bawa air minum saat ujian, terutama kalau durasi ujiannya lama.

3.Siapkan strategi untuk menjawab pertanyaan ujian


Kalau kamu punya strategi, kamu akan lebih percaya diri saat ujian. Contoh strategi yang paling standar adalah mengerjakan soal-soal yang gampang dulu. Kalau ada yang susah, lewatin dulu.
Jika sudah cobalah berfikir untuk menjawab soal-soal yang menurut mu susah,berfikirlah secara logis dan selalu berdoa.

Jika sudah terisi periksalah kembali jawaban anda,ini penting jika kamu memiliki kesalahan pada jawaban anda bisa mengganti dengan yang tepat.

4.Lakukan teknik-teknik relaksasi

Relaksasi
Kalau detik-detik menjelang ujian kamu masih takut atau deg-degan juga, coba tarik napas dalam-dalam, lemaskan otot satu persatu, tutup matamu sejenak dan bayangkan hal-hal positif, atau berdoa yang khusyuk.

5.Gunakan afirmasi diri yang positif

Ketika kamu lagi takut, biasanya kamu menggunakan self-statements yang negatif seperti “Ah, gue nggak bisa! Gue bakal gagal, nih!” Padahal hal ini bisa memicu takut menjadi depresi,hal ini tentu berbahaya tipsnya Bilang ke diri kamu, “Gue kuat,” “Gue bisa,” “Semua bakal baik-baik aja, kok” dan sebagainya.

Lagipula, pemikiran negatif kamu biasanya lebay dan nggak berbasis. Masa’, sih, kamu merasa sebagai siswa nggak berguna sedunia, hanya karena gagal satu UTS? Kegagalan satu UTS sama sekali nggak mencerminkan kapabilitas kamu sebagai siswa.Ingat kegagaln bukan akhir dari segalanya tapi awal untuk terus berusaha ,toh kunci sukses bukan cuma hanya kertas,sukses itu dari dalam diri kita ,kita mempunyai Niat,dan kemauan yang tinggi untuk berussaha.

Bagaimana? ,sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment