Saturday, 4 February 2017

Inilah Alasan Mengapa Mata "menyala" Saat difoto

Ilustrasi

BertiSeo - Bagi kalian yang suka liburan atau hanya iseng ,foto merupakan kegiatan mengabadikan suatu momen .Nah, kalian pasti pernah mengalami kejadian di atas? Mata yang menyala seperti mata kucing saat difoto disebut dengan fenomena red-eye.Berikut penjelasannya.

Penjelasan
Fenomena yang terjadi ini biasanya terjadi saat melakukan pemotretan di malam hari dengan menggunakan blitz di kamera. Atau 'red-eye' muncul jika kamu melakukan pemotretan di ruangan yang kurang cahaya.

Dalam ruangan yang kurang cahaya, ambient mata rendah, sehingga pupil mata membesar agar cahaya lebih banyak masuk ke mata. Nah, ketika difoto dengan fitur blitz, lampu kilat akan masuk ke mata, hingga ke bagian belakang bola mata yang berisi pembuluh darah. Itulah sebabnya warna merah yang akan memantul kembali keluar dan tertangkap oleh kamera.

Selain itu efek 'red-eye' ini juga dipengaruhi oleh tingkat refleksi masing-masing, ukuran pupil serta warna asli mata manusia. Warna yang keluar pun kadang merah menyala, namun ada juga yang seperti menyala seperti lampu saja,Pasti pernah mengalami bukan?

Nah, untuk mengurangi efek mata merah ini sekarang sudah banyak kamera yang memiliki fitur 'red eye reduction' kok, jadi tinggal atur saja gadget kamu. Atau kamu bisa juga mensiasatinya dengan melihat sinar bola lampu di sekitarmu, sesaat sebelum melihat ke arah kamera.

Sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment