Monday, 23 January 2017

Fakta-Fakta Benua Eropa yang Jarang di Ketahui

Benua Eropa

BertiSeo - Apa yang kalian ketahui tentang benua eropa ?,bersih? rapi? Maju? dan sejahtera? ,yaa memang tapii pengetahuan anda kurang banyak tentang benua kecil ini,yuk di simak Fakta-Fakta Benua Eropa yang Jarang di Ketahui.

Arti kata Eropa atau Europe diambil dari dua kata latin yakni "eurys" (lebar) dan "op" (muka) yang jika diartikan secara bahasa menjadi "muka lebar". Nama tersebut mengacu pada bentuk wilayah Eropa yang melebar. Namun beberapa orang juga menganggap nama Eropa diambil dari nama puteri "Europa" dalam mitologi Yunani kuno. Berikut Fakta-Fakta Benua Eropa yang Jarang di Ketahui.

Wilayah Rusia Lebih Besar Dari Benua Eropa. 

Rusia dan Eropa
Kita ungkap yang sudah jelas dulu,coba kalian lihat di gambar begitu jelas bukan? .Rusia adalah salah satu negara di Benua Eropa, namun wilayah kekuasaan Rusia justru lebih luas daripada wilayah Eropa itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar wilayah Rusia berada di dalam teritori ekstra Eurasia yang membentang begitu luas di perbatasan utara Asia Timur Raya.

Benua Paling Kecil.

Benua Eropa
Eropa merupakan benua paling kecil tapi paling maju di antara benua-benua lainnya.Wilayah utama Benua Eropa tidak mencakup seluruh wilayah Rusia dan Turki karena sebagian wilayah dari kedua negara tersebut berada di dalam teritori ekstra eurasia. Jika mengacu pada perhitungan tersebut, maka Eropa termasuk ke dalam benua paling kecil di dunia.Namun, berdasarkan estimasi GDP, indeks keamanan, dan anti-korupsi, Benua Eropa jauh lebih maju dibanding benua-benua lain yang ukurannya relatif lebih besar seperti Asia, Australia, Afrika, ataupun Amerika.

Lebar Eropa Hampir Sama Dengan Lebar Indonesia.

Eropa dan Indonesia
Eropa jika tanpa memasukkan wilayah Rusia dan Turki yang termasuk ke dalam teritori ekstra Eurasia, maka lebar benua Eropa dari Portugal sampai Kazakhstan hampir sama dengan lebar Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Namun dalam lebar yang hampir sama itu, ada sekitar 50 negara dari Portugal sampai Kazakhstan, sementara hanya ada 1 negara dari Sabang sampai Merauke.

Penduduk Eropa Lebih Sedikit Dibanding Cina/India.

Walau Eropa merupakan sebuah Benua, namun penduduk di seluruh penjuru benua tersebut hanya mencapai 740 juta jiwa, lebih sedikit daripada penduduk Cina dan India yang sama-sama mencapai 1 miliar jiwa lebih.

Sebenarnya Eropa Bukan Benua.

Eropa
Banyak para ahli sepakat bahwa sebenarnya secara teknis geografi, Eropa bukanlah sebuah benua melainkan satu wilayah yang termasuk ke dalam Benua Asia. Namun karena sejarah panjang masyarakat Eropa ini sejak zaman Yunani Kuno membuat peradaban Eropa terpisah secara budaya dengan peradaban Asia sehingga istilah Eropa mulai digunakan untuk memisahkan antara Eropa dan Asia.

Negara Tertua di Eropa Adalah San Marino.

San Marino
Negara tertua di Eropa adalah San Marino yang merdeka dari Kerajaan Romawi pada tanggal 3 September tahun 301 dan masih bertahan sampai sekarang, tahun 2017.

Negara Terbesar di Eropa Adalah Ukraina/Rusia.

Ukraina
Negara terbesar di Eropa adalah Ukraina dengan luas 603.500 km2. Namun jika menyertakan Rusia, maka Rusia menjadi negara terbesar dengan luas 17.075.200 km2 (28 kali lipat lebih luas dibanding Ukraina).

Negara Terkecil di Eropa Adalah Vatikan.

Vatikan
Negara terkecil di Eropa adalah Daerah Khusus Vatikan dengan luas hanya 0.44 km2, 400 kali lipat lebih kecil daripada Bekasi yang memiliki luas 210.49 km2 atau tida sampai 1/5 dari kota bekasi.

Gunung Tertinggi di Eropa Adalah Gunung Elbrus.

Gunung Elbrus
Gunung yang terletak di Rusia dengan ketinggian 5.642 meter, jika di bandingkan dengan gunung tertinggi di indonesia yakni Puncak Jaya yang hanya memiliki ketinggian sekitar 4.884 meter.

Nah itulah beberapa Fakta Benua Eropa yang Jarang di Ketahui ,cukup sekian semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment